Google Adalah

Google adalah satu satu perusahaan terbesar didunia, sudah banyak sekali produk digital yang ditelurkan google. Google LLC dikenal sebagai perusahaan multinasional Amerika Serikat yang fokus pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan online. AdWords adalah satu diantara penyumbang labanya tersebesarnya.

Saat ini google sudah menjadi teman bagi sebagaian masyarakat digital terutama pelajar. Fitur pencarian bisa jadi andalan saat mereka untuk mencari & mendapatkan materi belajar. Tapi terkadang saat kita melakukan pencarian tertentu hasilnya tidak sesuai.

Kenapa bisa begitu ? karena Google hanya memberikan hasil kueri sesuai dengan kata-kata yang dimasukkan pada kolom pencarian. Sehingga halaman apapun yang didalamnya ada kata kunci yang kamu input akan muncul.

Pencarian Khusus

Supaya hasil pencarian yang muncul lebih spesifik, sebaiknya tambahkan tanda petik dua (") pada kata yang dicari. Semisal, Anda ingin mencari tentang liburan tahun baru, jangan lupa tambahkan petik dua diawal dan di akhir frasa. Jadi masukkan "liburan tahun baru" pada kolom pencarian Google. Hasil yang didapat akan lebih spesifik dengan cara ini.

Pengecualian Kata

Selain tanda kutip dua, kamu dapat mengecualikan kata tertentu dengan (-) tanda minus. Contoh, saat mencari dengan kata kunci Hotel. Yang diinginkan adalah tanpa daerah tertentu,  supaya hasilnya pas kamu gunakan tanda hubung lalu tulis kata pengecualian setelah kata kunci. Jadi tulis: hotel -bandung, sehingga google mengecualikan halaman dengan kata "bandung".

Mencari halaman dalam situs tertentu

Hasil pencarian Google dari kata kunci umum pasti hasilnya dari beragam situs. Tidak jarang situs dengan informasi bagus malah tidak Anda temukan. Jika ingin mempermudah mendapatkan artikel dalam situs tertentu, kamu bisa tambahkan operator [site:namasitusnyaapa kata kunci apa] Misalnya, ingin membaca artikel pantun di kbbi.web.id. Tulis di kolom pencarian Google: pantun site:kbbi.web.id. Maka hasil kueri di halaman pertama semuanya tentang pantun di situs kbbi.web.id.

Mencari jenis file

Operator ini dulu sangat populer, bisa mencari gambar, video, dokumen, lagu dan sebagainya. Saat kamu ingin mendapatkan file dengan tertentu, jangan lupa tambahkan operator [filetype: format file] setelah kata kunci. Contohnya ingin mendapatkan file dengan format docx tentang laporan keuangan. Silakan ketika pada kolom pencarian Google: laporan keuangan filetype: docx. Kamu bisa coba mendapatkan hasil berupa materi laporan keuangan dalam bentuk pdf.

Itulah beberapa trik untuk menemukan sesuatu lebih akurat melalui google!

Comments